Mengintip 9 Kapal Kontainer Terbesar Di Dunia

Gambar oleh Alexander Kliem Pixabay


Pengiriman barang antar negara dan benua masih marak dilakukan. Dalam mengirimkan barang tersebut menggunakan moda transportasi laut yakni kapal kontainer dengan peralatan kapal lengkap. Seperti
kapal kontainer terbesar di dunia berikut ini mampu mengangkut barang dalam jumlah besar. Tentunya semua barang yang dikirim menggunakan peti kemas memiliki legalitas dan diperbolehkan.

Mengintip 9 Kapal Kontainer Terbesar di Dunia

Fakta menunjukkan bahwa 9 kapal container terbesar berikut ini masih eksis sampai sekarang.

1. NYK 


Nippon Yusen Kabushiki Kaisha alais NYK merupakan kapal kontainer terbesar didunia. Mampu mengangkut kargo dari berbagai ukuran. Serta mengirimkan ke berbagai negara dan benua. 

Kapal NYK juga banyak berlayar di laut Indonesia untuk membawa barang-barang impor. Selain itu, jumlah kapal NYK mencapai ribuan sudah beroperasi dari tahun 1870-an.

2. Evergreen Marine Corporation

Perkapalan Evergreen Marine Corporation cukup popular di seluruh dunia. Kapal yang memiliki logo tulisan Evergreen berwarna hijau ini melintas antar negara dan antar benua.  Dinobatkan sebagai perusahaan perkapalan raksasa berbendera China dan telah beroperasi sejak 1968. Evergreen banyak dipilih oleh eksportir dan importir karena memberikan jaminan jika barang basah, rusak, atau hilang. 

3. CMA CGM


CMA CGM merupakan perusahaan pelayaran berasal dari Prancis. Kapal CMA CGM sangat ramai berlayar di laut dan samudera didunia. Bahkan, CMA CGM juga melayani pengiriman barang sampai ke laut pelosok di Indonesia.

Perusahaan CMA CGM telah beroperasi sejak tahun 1978. Dari awal kepemimpinan Mr. Jacques Saade, perusahaan sudah mengedepankan keamanan dan keselamatan barang hingga tempat tujuan.

Armada kapal CMA CGM sangat banyak yakni mencapai 500 buah kapal. Selain itu, rute pelayaran yang disediakan cukup luas hingga antar benua. Semua kapal kontainer yang tersedia dapat menjangkau 150 rute global lebih. 

4. Maersk 


Maersk adalah perusahaan kapal kontainer yang berasal dari Denmark. Dinaungi oleh perusahaan kapal induk yang bernama AP Moller Maersk Company. Jasa pengiriman barang yang disediakan Maersk tidak terbatas menggunakan kapal kontainer saja. 

Ada pula kapal angkutan muatan dan angkutan penumang antar negara. Kapal Maersk sudah beroperasi sejak tahun 1904. Saat ini Maersk tercatat telah memiliki 500 kapal kontainer dengan kapasitas masing-masing 19000 TEU.

5. The Mediterranean Shipping Company (MSC)


The Mediterranean Shipping Company atau MSC adalah perusahaan kapal kontainer yang berbendera Swiss. Telah beroperasi sejak 1970 dan kini digolongkan sebagai perusahaan kapal terbesar di dunia. Jumlah kapal kontainer dan kapal line-up yang dimiliki adalah 456  buah.

6. Hapag – Lloyd


Perusahaan kapal Hapag-Lloyd mempunyai markas besar di Jerman. Menyediakan layanan pelayaran jalur internasional untuk mengangkut barang maupun penumpang. Hapag-Lloyd sudah beroperasi sejak 1970. Saat ini dilaporkan sudah memiliki 140 kapal kontainer yang aktif berlayar.

7. APL


APL adalah perusahaan kapal dari Singapura Orient Shipping Lines. APL atau American President Lines sudah beroperasi sejak 1848. Rute pelayaran kapal kontainer yang disediakan mencakup pelayaran antar negara dan antar benua. Kontainer APL juga bervariasi dengan pengiriman kontainer terbesar yakni berukuran 53 kaki.

8. China Ocean ShippingCompany (COSCO)


China Ocean Shipping Company adalah perusahaan penyedia kapal kontainer terbesar di wilayah Asia. Dimana kapal kontainer dari COSCO yang aktif beroperasi sekitar 150 buah. Rute pelayaran yang disediakan meliputi 40 negara.

9. Hanjin


Hanjin merupakan perusahaan penyedia kapal kontainer dari Korea Selatan. Hanjin Shipping sering mengirimkan barang ekspor-impor yang diadakan oleh pemerintah negara. Saat ini jumlah kapal kontainer Hanjin yang tercatat sekitar 300 buah.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *