Tips Belajar Online yang Menyenangkan

Sudah hampir setahun masyarakat global hidup dengan keterbatasan interaksi akibat wabah Covid19. Peserta didik seperti siswa dan mahasiswa kini terkena imbasnya. Selama hampir setahun ini, kegiatan belajar terpaksa dilakukan secara daring. Penjelasan materi dari guru hanya bisa disimak melalui layar laptop atau Smartphone. Meski memang banyak kendala, belajar online tetap harus dijalani demi penurunan angka penularan Covid19. Nah, berikut ada beberapa tips belajar online yang menyenangkan. Kamu wajib coba ya. 

Temukan Gaya Belajarmu

Gaya belajar rupanya berpengaruh pada kinerja otak dalam hal berpikir dan mencerna informasi yang ada. Dengan menemukan gaya belajar yang cocok, akan sangat membantu kamu untuk memahami segala jenis materi pelajaran yang disampaikan oleh guru yang memberlakukan metode pembelajaran jarak jauh.

Misal, gunakan media gambar jika kamu memang merasa nyaman dan sesuai dengan gaya belajar kamu. Atau gunakan media visual lainnya (grafik dan warna) jika kamu merasa lebih mudah mempelajari materi dengan bantuan media-media ini. 

Membuat mind-mapping juga tampaknya akan menjadi ide bagus dan akan menjadi media yang sangat efektif. Atau kamu tipe auditori yang merasa lebih nyaman hanya dengan mendengar penjelasan materi dari guru melalui rekaman suara. 

Berbeda lagi jika kamu lebih menyukai praktik atau kegiatan semacamnya; tandanya kamu adalah siswa dengan gaya belajar kinestetik. Nah, dari beberapa gaya belajar yang sudah disebutkan di atas, kira-kira gaya belajar kamu masuk kategori yang mana? 

Gunakan Alunan Musik 

Untuk meningkatkan mood dan mengusir rasa jenuh, kamu boleh gunakan alunan musik. Pilih genre musik yang paling kamu suka. Atau agar tidak mengganggu konsentrasi kamu, pilih musik yang menenangkan namun tetap memecut motivasi belajar. Misal musik klasik, akustik, lagu-lagu beralunan lembut, dan lain sebagainya. 

Istirahat

Wajar rasanya jika kamu merasa jenuh, suntuk, dan pusing selama mengikuti belajar online. Tugas dan PR terus saja diberikan. Sedang kamu mungkin belum terlalu paham dengan materi yang disampaikan oleh guru.

Untuk mencegah stress yang berkepanjangan, beri jeda sejenak dan manfaatkan waktu jeda tersebut untuk istirahat. Ada trik istirahat yang cukup menarik dan bisa kamu coba. Triknya sangat sederhana. Ambil jeda sekitar 5 menit pasca belajar selama 30 menit. Lakukan trik ini hingga 4 kali, kemudian baru kamu ambil waktu istirahat dengan durasi yang lama. 

Kamu bisa manfaatkan waktu istirahat ini untuk melakukan beberapa kegiatan yang kamu suka. Misal menonton video, mendengarkan musik, melakukan olahraga ringan, atau membaca buku. Atau jika kamu benar-benar merasa lelah, manfaatkan waktu istirahat untuk sekedar tiduran santai. 

Belajar Ulang 

Agar kamu terus ingat dan paham dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru via pembelajaran online, pelajari ulang materi tersebut. Kali ini kamu bisa gunakan bantuan aplikasi-aplikasi atau situs-situs belajar online gratis yang dapat diakses bebas di internet. 

Ada begitu banyak rekomendasi aplikasi dan situs belajar online yang bisa kamu coba. Misalnya saja Ruang Guru, Zenius, Rumah Belajar, dan Quipper. Di situs dan aplikasi ini ada banyak referensi materi lengkap dengan penjelasan yang jauh lebih mudah untuk dipahami.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa pembelajaran online memang kurang efektif. Ada cukup banyak kendalanya. Siswa juga cepat merasa bosan dan stress akibat banyaknya tugas dan PR yang dibebankan kepada siswa. Nah, di situs academia.co.id, kamu bisa mendapatkan informasi penting lainnya seputar pendidikan, termasuk yang ada kaitannya dengan pembelajaran online.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Belajar Online yang Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel