Pengertian Inspirasi dan Ekspirasi Terlengkap Dengan Gambar

Pengertian Inspirasi dan Ekspirasi Terlengkap Dengan Gambar - Pada dasarnya proses pernapasan dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap inspirasi dan ekspirasi. Kali ini saya akan membahas tentang apa itu pengertian inspirasi, pengertian ekspirasi, gambar inspirasi dan ekspirasi. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Inspirasi adalah suatu proses ketika udara masuk ke dalam paru-paru. Sedangkan pengertian ekspirasi adalah proses ketika udara keluar dari paru-paru. Inspirasi terjadi ketika diafragma berkontraksi. Diafragma adalah struktur otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut. Ketika berkontraksi, permukaan diafragma menjadi datar. Pada saat yang bersamaan, otot-otot antartulang rusuk berkontraksi sehingga tulang-tulang rusuk akan terangkat. Hal ini mengakibatkan volume rongga dada membesar. Membesarnya rongga dada menyebabkan menurunnya tekanan udara di dalam paru-paru sehingga udara akan masuk ke paru-paru.

Pada saat ekspirasi, otot diafragma akan berelaksasi kembali ke bentuk semula. Pada saat yang bersamaan, otot-otot antar tulang rusuk akan berelaksasi. Relaksasi dari kedua jenis otot ini menyebabkan mengecilnya volume rongga dada. Akibatnya, udara akan bergerak keluar. Berikut ini gambaran proses inspirasi dan ekspirasi:


Demikianlah pembahasan tentang pengertian inspirasi dan ekspirasi lengkap dengan gambarannya. Semoga artikel materi diatas bermanfaat buat kamu dalam belajar biologi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Inspirasi dan Ekspirasi Terlengkap Dengan Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel