Macam-Macam Volume Udara Pernapasan Pada Manusia Lengkap, Kapasitas Paru-Paru

Macam-Macam Volume Udara Pernapasan Pada Manusia Lengkap, Kapasitas Paru-Paru - Tujuan utama dari proses bernapas adalah memasukkan oksigen segar ke dalam  paru-paru (alveoli) secara terus-menerus. Volume udara yang masuk dan keluar paru-paru dapat berbeda-beda. Kali ini saya akan membahas tentang macam-macam volume udara pernapasan pada manusia, pengertian udara residu dan cadangan, pengertian udara komplementer, rumus kapasitasi total pernapasan/paru-paru.

Macam-Macam Volume Udara Pernapasan Pada Manusia

Ketika istirahat, volume udara yang masuk dan keluar dari paru-paru hanya sedikit. Akan tetapi, ketika berolahraga, volume udara yang masuk dan keluar dari paru-paru bertambah besar sesuai dengan kebutuhan. Volume udara pernapasan di dalam paru-paru dapat dibagi menjadi beberapa macam. Untuk mengetahui volume udara dalam proses pernapasan digunakan alat ukur yang disebut spirometer. Berikut ini macam-macam volume udara pernapasan pada manusia:

Macam-Macam Volume Udara Pernapasan Pada Manusia

1. Udara Pernapasan Biasa/Volume Tidal/Udara Pernapasan/UP
Volume Tidal adalah udara yang masuk dan keluar paru-paru pada saat pernapasan biasa/pernapasan normal/istirahat. Volume udara yang masuk dan keluar sekitar 500 ml.

2. Udara Cadangan Inspirasi/Udara Komplementer/UK
Pengertian udara komplementer adalah udara yang dapat masuk ke paru-paru dengan menarik nafas/inspirasi sedalam-dalamnya setelah melakukan pernapasan biasa. Atau bisa diartikan juga volume udara yang masih dapat dihirup setelah inspirasi biasa/tidal. Besarnya udara komplementer adalah sekitar 3000 ml.

3. Udara Cadangan EkspirasI/Udara Suplementer/US
Pengertian udara suplementer adalah udara yang dapat keluar dari paru-paru dengan menghembuskan nafas/ekspirasi sekuatnya setelah melakukan pernapasan biasa. Atau bisa diartikan juga volume udara yang masih dapat dikeluarkan setelah ekspirasi biasa/tidal. Besarnya udara suplementer adalah sekitar 1500 ml.

4. Udara Cadangan/Residu/UR
Pengertian udara residu adalah udara yang tersisa di dalam paru-paru, yang berfungsi untuk menjaga agar paru-paru tetap dalam keadaan mengembang. Atau juga bisa diartikan volume udara yang tersisa setelah melakukan ekspirasi maksimal. Volume residu tidak dapat dikeluarkan dengan ekspirasi biasa. Volume residu disebut juga dengan udara cadangan. Besarnya udara residu adalah sekitar 1200 ml.
Macam-Macam Volume Udara Pernapasan Pada Manusia
Macam-Macam Volume Udara Pernapasan Pada Manusia

Kapasitas Vital adalah jumlah volume total dari volume tidal, volume suplemen, dan volume komplemen. Dengan kata lain, kapasitas vital adalah volume maksimal udara yang dapat dihembuskan setelah inspirasi maksimal. Kapasitas total paru-paru adalah jumlah volume residu ditambah kapasitas vital paru-paru. Volume udara pernapasan berkisar 500 - 3500 ml. Dari 500 ml udara yang dihirup, hanya 350 ml yang sampai di alveolus , sisanya hanya sampai saluran pernapasan. Jumlah oksigen yang diperlukan sehari untuk tiap individu sebesar 300 cc.

Kapasitas Paru-Paru adalah kemampuan paru-paru untuk menampung udara pernafasan. Kapasitas paru-paru disebut juga volume udara pernafasan.

Rumus Kapasitas Total Paru-Paru

1. Kapasitas Vital Paru-Paru : KVP
Merupakan volume udara yang dapat keluar masuk secara maksimal dari paru-paru atau ke paru-paru. Kapasitas vital pru-paru ialah hsil penjumlahan dari volume udara pernafasan (UP) , udara komplementer (UK), dan udara suplementer (US). Kapasitas paru-paru dapat dihitung dengan rumus , sebagai berikut :

KVP = UP + UK + US

Berdasarkan rumus di atas kapasitas vital paru-paru adalah sebesar 5000 ml

2. Volume Total Paru-Paru : VTP
Merupakan volume udara yang dapat ditampung oleh paru-parusecara maksimal. Kapasitas total paru-paru ialah penjumlahan dari kapasitas vital paru-paru (KVP) dengan udara residu (UR). Kapasitas total paru-paru dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :

VTP = KVP + UR

Demikianlah pembahasan lengkap tentang macam-macam volume udara pernapasan pada manusia beserta rumus kapasitas total pernapasan dan paru-paru. Semoga artikel materi diatas bermanfaat untuk kamu sekalian dalam belajar biologi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Volume Udara Pernapasan Pada Manusia Lengkap, Kapasitas Paru-Paru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel